Senin, 03 Maret 2014

KELELAHAN

Aku pernah berjalan kaki sendiri. jaraknya cukup jauh, seingatku waktu itu aku menempuhnya dalam waktu 3 jam di bawah terik siang yang bolong. jadi misal satu langkah = 1 detik, artinya ada kira-kira 11ribuan kali aku telah melangkahkan kakiku dengan penuh pergumulan. aku tidak punya uang sepeser pun dan pada waktu itu juga tidak ada keberanian untuk aku meminta tumpangan. sepanjang jalan aku hanya bersungut-sungut, tetapi sesekali juga aku bertanya-tanya sendiri. aku pikir saat itu, satu-satunya yang menanggapi pergumulanku hanyalah aku sendiri.
kemudian aku mulai menanggapinya dengan bernyanyi. entah, saat itu aku lebih suka menyanyikan lagu yang liriknya tidak aku hafal secara keseluruhan. tetapi aku terus berjalan maju. ada rasa lelah yang begitu melilit di kaki, tetapi juga nyeri di pundak karena aku menggendong tas yang lumayan diisi banyak buku. sambil menahan lelah dan sakit, aku memperhatikan langkah kakiku dengan maksud, aku bisa melupakan tentang betapa masih jauhnya perjalanan itu.
waktu berlalu, masih berjalan. 3 jam lebih beberapa menit, akhirnya aku tidak mengikuti langkah waktu lagi. aku sudah sampai dan membuka pintu terasa berat. kemudian aku masuk dan yang aku pikirkan hanyalah air. aku begitu haus, mungkin dehidrasi. secepatnya aku mengarah ke kulkas dan mengambil sebotol air dingin dari dalamnya. kau tahu? pelajaran di hidupku, kurasa ini pelajaran penting dan mungkin aku tidak akan mendapatkannya bila tanpa kelelahan. benar adanya ini membuatku belajar, yaitu bahwa aku sanggup melihat indahnya seteguk air setelah melangkah ribuan kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar